Minggu, 06 April 2014

Klenteng Sam Poo Kong

Sam Poo Kong - Ga perlu jauh2 ke China untuk menikmati keindahan arsitektur khasnya. Di Semarang ada klenteng yang terkenal bernama Sam Poo Kong yang memiliki keunikan tersendiri. Selain menjadi tempat ziarah, Sam Poo Kong ini juga menjadi tempat wisata sejarah. Dan tempat ini merupakan tempat wajib dikunjungi saat berwisata ke Semarang.




Singkat cerita, Klenteng ini dibangun untuk memperingati Laksamana Agung Tiongkok bernama Zheng He. Dulunya lokasi ini menjadi tempat persinggahan pertamanya saat berlayar di laut jawa.

Cukup dengan membayar IDR 3000 kita bisa menikmati keunikan bangunan - bangunan kuil didalam klenteng Sam Poo Kong dengan nuansa serba merah di dalamnya. Ada beberapa bangunan lain didalamnya dan salah satu ikon dari klenteng ini adalah bangunan patung Laksamana Agung Zheng He yang menjulang tinggi. Patung ini berada di depan bangunan utama dari beberapa bangunan di dalam Klenteng dengan ketinggian +/- 13 meter.




Dibawah ini merupakan salah satu bangunan di dalam klenteng Sam Poo Kong. Dengan nuansa serba merah dan berbagai macam patung yang ada. Benar-benar seperti berada di Negri Cina.




Klenteng Sam Poo Kong ini juga merupakan klenteng tertua yang berada di Semarang. Tidak perlu ragu untuk datang kemari karena Klenteng ini terbuka untuk umum, tidak dibatasi untuk kepentingan beribadah saja. Hanya yang berada di dalam bangunan Goa Sam Poo Kong yang digunakan untuk kepentingan beribadah.






Klenteng Sam Poo Kong

Jalan Simongan no. 129
Semarang, Jawa Tengah
Jam Operasional : 06.00 - 23.00 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...