Kamis, 03 Juli 2014

Mencari Manta dan Tukik di Pulau Sangalaki

Sangalaki - Pulau sangalaki ini terkenal sebagai tempat habitat para ikan manta, ikan yang bentuknya menyerupai ikan pari. Katanya, ikan yang berwarna hitam ini lebarnya mencapai 2 meter.

Sayangnya siang itu kita kurang beruntung karena tidak menemukan satu pun ikan manta yang menari di dalam air. Memang kata penduduk disana, akhir-akhir itu agak susah menemukan ikan manta. Atau jika lebih pagi datang mungkin saja bisa melihat ikan manta karena plankton yang merupakan makanan ikan manta hanya ada di pagi hari.



Setelah menunggu beberapa menit, mencari spot yang ada ikan manta, kita tetap tidak melihat manta menampakkan wajahnya. Akhirnya kita memarkirkan boat di pinggir pantai di Pulau Sangalaki ini. Di dalam pulau ini ada tempat untuk melestarikan tukik. Tukik adalah anak penyu sebelum di lepas ke laut.



Tukik Tukik Imut
Biasanya tukik di lepas ke laut pada malam hari. Jadi siang itu kita cuma bisa berfoto-foto melihat tukik dari kotak penangkarannya. Air laut di pulau sangalaki ini bersih berwarna biru. Lebih bersih daripada pantai di pulau derawan. Mungkin karena derawan lebih padat penginapan dan pengunjung jadi sampah-sampah mulai mengotori pulau derawan.





Baca Cerita Lainnya :

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...